Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut Bulan Ramadhan 1444 H, SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara Adakan Acara Pesantren Kilat Dan Berbagi Rezeki Kepada Siswa Kurang Mampu

Kamis, 13 April 2023 | April 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-17T08:43:05Z

Lampung Utara, Nurani Rakyat.Com-Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Di bulan ini, umat muslim berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas ibadah dan amal sholeh. Selain itu, bulan Ramadhan juga menjadi Momentum untuk memperbaiki diri dan menjalin silaturahmi dengan sesama. Untuk menyambut dan mengisi Momentum Ramadhan yang sangat istimewa tersebut, SMAN 1 Abung Semuli mengadakan kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan (Sanlat), selama 2 hari pada tanggal 13-14 April 2023. Kegiatan ini diikuti oleh siswa siswi kelas X dan XI dengan antusias. 
Dalam sambutannya Iryana Febriza Wardhani, S.Pd., M.Pd. Kepala Sekolah SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara Provinsi Lampung mengungkapkan, bahwa maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan Sanlat tersebut. Menurutnya tujuannya adalah untuk membangun semangat beribadah, memperbaiki akhlak dan etika siswa-siswi SMAN 1 Abung Semuli. Juga agar siswa-siswi sekolah ini bisa menjadi generasi yang beriman, berakhlak dan bertaqwa. "Insyaallah dengan diadakannya Sanlat, semangat ibadah, akhlak dan etika siswa bisa terbangun. Harapam lebih jauh agar siswa di sekolah ini, bisa menjadi generasi beriman, berakhlak dan bertakwa,' harapnya kepada siswa yang mengikuti kegiatan Sanlat.
Untuk diketahui kegiatan Sanlat ini terdiri dari beberapa rangkaian acara yang menarik dan bermanfaat. Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan Tadarus Qur'an siswa dipandu dewan guru membaca Surat An-Naba Juz 30. Tujuan Tadarus Qur'an agar para siswa mencintai kitab sucinya, dan membaca Quran pahala besar apalagi di Bulan Ramadhan. Membaca Quran juga dapat memberikan ketenangan dalam hidup. Selain itu, membaca Al-Quran juga menjadi sebuah penuntun kita baik di dunia, maupun akhirat kelak. Usai kegiatan Tadarus Quran, kegiatan Selanjutnya diadakan lomba Fashion Show (Busana Muslim), yang diikuti oleh perwakilan kelas X dan XI. Maksud dan tujuan dilakukan lomba itu ditujukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak-anak muda, dalam berbusana sesuai dengan Syariat Islam.
Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk menunjukkan, bahwa busana muslim tidak menghalangi anak anak muda untuk tampil kreatif, modis  modern dan keren. Sedangkan pada hari kedua, kembali kegiatan Sanlat diawali dengan Tadarus Qur'an membaca Surat Abbasa, Attakwir dan Surat Al-Infithar Juz 30 dan seterusnya. Usai kegiatan Tadarus Qur'an diruang kelas , siswa diarahkan untuk berkumpul di Musholla sekolah tersebut. Untuk mendengarkan Tausiya yang disampaikan oleh Ustadz Dedi Lesmana, yang merupakan motivator muda yang terkenal. Dalam Tausiyahnya Ustadz Dedi memberikan 4 kunci sukses, bagi anak anak muda yaitu, Kepo (Kembangkan Potensi), Baper (Bawa Perubahan), Utang (Unggul dan Tangguh), serta yang terakhir adalah Gaul (Gali Ajaran Islam). Ustadz Dedi juga kembali memberikan contoh-contoh nyata dari tokoh-tokoh sukses lainnya, yang menerapkan kunci-kunci kesuksesan tersebut dalam hidup mereka.Diakhir kegiatan Sanlat ini ditutup dengan kegiatan berbagi kepada keluarga SMAN 1 Abung semuli yang membutuhkan, yang terdiri dari siswa-siswi kelas X dan XI. Adapun kegiatan ini merupakan bentuk dari kepedulian sosial dan solidaritas antara sesama anggota keluarga besar SMAN 1 Abung Semuli. Kegiatan ini juga mengajarkan kepada siswa-siswi, tentang pentingnya berbagi dan bersyukur atas nikmat yang Allah yang telah diberikan kepada hambanya. (Rd)



×
Berita Terbaru Update