Notification

×

Iklan

Iklan

Menjadi 'Magnet Dan Sekolah Rujukan', SMAN 1 Bukit Kemuning 'Study Banding' Ke-SMAN 1 Abung Semuli

Sabtu, 04 Maret 2023 | Maret 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-05T14:38:37Z
Iryana Febriza Wardhani M.Pd., Kepsek SMAN 1 Abung Semuli Sedang Mendampingi, Haidir Yusuf, MT., Kepsek SMAN 1 Bukit Kemuning Dalam Rangka Kunjungan Kerja (Foto:*)
Lampung Utara, NR- SMAN 1 Bukit Kemuning melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara, Provinsi Lampung, Senin (27/2/2023). Disela kunjungan kerja dan Study Banding tersebut, Kepala Sekolah SMAN 1 Bukit Kemuning Haidir Yusuf, S.T., M.T., mengatakan dalam kunjungan kali ini rombongan guru, dan siswa yang ikut berjumlah 28 orang yang terdiri dari 11 siswa dan 17 guru. Haidir Yusuf kembali menambahkan mengungkapkan tujuan kunjungan ini adalah mengenalkan kepada guru, dan siswa SMA tentang pendidikan karakter, kekeluargaan kebersamaan yang sudah terbangun dilingkungan guru, siswa dan masyarakat disekitar lingkungan sekolah. Keasrian kebersihan sekolah, fasilitas dan kelengkapan yang sudah begitu lengkap. Juga segudang prestasi yang telah terukir sekolah, dengan dibuktikan dengan banyaknya koleksi Tropy penghargaan yang telah terkoleksi. Begitu pula dengan keberhasilannya dalam pengelolaan sekolahnya.
Pada bagian yang sama, Ia juga mengaku sudah tiga kali mengunjungi SMAN 1 Abung Semuli dengan sekolah yang berbeda. Dia mengaku kagum karena dalam tiga kunjungan tersebut dia selalu mendapat sambutan yang luar biasa. “Kedatangan Saya ke sekolah ini, sudah yang ketiga kali, dengan sekolah yang berbeda. Pertama ketika saya menjabat Kepala SMAN Sungkai Jaya, lalu Kepala SMAN 4 Kotabumi dan sekarang bersama SMAN 1 Bukit Kemuning. Hebatnya dalam setiap kunjungan tersebut, sambutannya selalu luar biasa. Saya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat meriah ini,” aku Haidir Yusuf. “Kami akan mencontoh dan mencoba menerapkan apa yang kami lihat dan kami temui di sini, semoga saja bisa. SMAN 1 Abung Semuli sangat luar biasa dan berkarakter kuat dan memiliki segudang prestasi dan pengelolaan sekolah yang baik,” tuturnya.
Hal senada juga dikatakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 1 Bukit Kemuning Yurnaningsih, S.Pd. mengaku sangat kagum dengan kebersihan lingkungan sekolah, karakter yang dibangun, dan prestasi siswa SMAN 1 Abung Semuli yang dinilainya luar biasa. Juga kebersihan, keasrian alami, serta pengelolaan sekolah yang baik. Sehingga wajar saja, sekolah ini menjadi magnet dan salah satu  sekolah rujukan bagi sekolah lainnya.
Menanggapi kunjungan ini, Kepala SMAN 1 Abung Semuli Iryana Febriza Wardani, M.Pd. yang didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Iin Zaenah, S.Pd., dan Waka Humas Siti Muslikah, S.Pd. Mengaku bangga dan merasa tersanjung karena sekolahnya mendapat perhatian dan menjadi tujuan dan rujukan Study Banding kunjungan sekolah lain. Untuk mempelajari hal-hal positif, serta juga dalam hal tentang pengelolaan sekolah.
“Saya dan keluarga besar sekolah SMAN 1 Abung Semuli merasa bangga dan tersanjung sebagai kepala sekolah, atas kunjungan ini. Harapannya adalah, ada hal positif dari SMAN 1 Abung Semuli yang bisa diambil sebagai 'oleh-oleh' saat kembali ke sekolah masing-masing,” jelas Kepala Sekolah Iryana. Ditambahkan Iryana, kunjungan ini menjadi salah satu tantangan bagi SMAN 1 Abung Semuli akan terus berbenah, mempertahankan, menciptakan dan terus berusaha berinovasi menjadi lebih baik di semua lini; baik dari sisi pelayanan, pengelolaan sekolah, karakter, prestasi, keasrian alami dan kebersihan lingkungan sekolah. Juga kelengkapan fasilitas sekolah yang telah dimiliki, serta menjaga rasa ke-keluargaan dan kebersamaan sesama guru, siswa dan masyarakat sekitar.
Kepala Sekolah Iryana kembali menambahkan sekolah yang dipimpinnya juga telah melaunching dan tengah menjalankan konsep dan program kerja inovatif yakni, Program LIMA-JU ini merupakan sebuah upaya menguatkan karakter siswa yang memang sudah terbentuk dan meningkatkan prestasi sekolah. LIMA-JU merupakan 'akronim dari SMAN 1 Abung Semuli Maju yang ditopang dengan Program Lima Jumat. Tujuannya adalah menguatkan ikatan silaturahmi  dan mengasah kecerdasan siswa. Sehingga sekolah ini bisa menjadi tempat yang nyaman bagi siswa  dalam menempuh pendidikan,” papar Iryana Kepala SMAN 1 Abung Semuli.Kembali Iryana Kepala Sekolah SMAN 1 Abung Semuli juga mengungkapkan bahwa, dalam program tersebut terdapat 5 program yaitu: Jumat Rohani, Jumat Jasmani, Jumat Empati, Jumat Literasi dan Jumat Asri yang dilakukan rutin setiap Jumat secara bergantian setiap Minggunya. Program LIMA-JU telah dijalankan dan direalisasikan ke siswa dan guru. Rutinitas dilaksanakan setiap setiap hari jumat di pagi hari, dimulai pukul 07.15 sampai pukul 08.00 WIB.
Sedangkan program inovatif  lainnya yang sedang akan direalis dan segera akan diaplikasikan yaitu, dengan menerapkan Program "Double Track', yaitu program siswa yang tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, nantinya bisa mempunyai kemampuan masuk dunia kerja.
Hal Serupa dikatakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Siti Muslikah, S.Pd. mengaku bangga atas kunjungan ini. Dia berharap reputasi, prestasi dan potensi yang telah dimiliki SMAN 1 Abung Semuli ini harus terus dipertahankan,  bahkan harus lebih baik di masa mendatang. Hal tersebut merupakan berkat sentuhan  kekuatan rasa ke-keluargaan dan kebersamaan yang telah dibangun kepala sekolah, bersama dewan guru dan siswa.
"Semoga SMAN 1 Abung Semuli bisa terus menjadi magnet, dan salah satu sekolah rujukan menjadi tempat tujuan Study Banding buat sekolah lainnya," harapnya.**

×
Berita Terbaru Update