Notification

×

Iklan

Iklan

Iryana Febriza Wardhani, S.Pd., M.Pd., : "Pesantren Kilat Membentuk Karakter Akhlak Siswa Yang Baik"

Sabtu, 15 April 2023 | April 15, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-17T08:42:29Z
Lampung Utara, Nurani Rakyat.Com- Pesantren Kilat (Sanlat) yang dilaksanakan SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara Provinsi Lampung selama 2 hari Kamis-Jum'at (13/14/4/2023) yang diikuti siswa-siswi kelas X dan XI, guru dan keluarga besar Smansas Abung Semuli berjalan sukses dan lancar. Dapat dilihat dari antusiasnya siswa dan dewan guru yang mengikuti kegiatan agamis tersebut. Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMAN 1 Abung Semuli Iryana Febriza Wardhani S.Pd,. M.Pd., mengatakan, bahwa tujuan diadakan Sanlat adalah agar para siswa dapat ilmu dan pemahaman mendalam tentang materi agama yang disampaikan. Lebih jauh manfaatnya menurut Iryana, dengan adanya Sanlat dapat membentuk karakter akhlak siswa yang baik.
"Menyerap berbagai materi agama untuk selanjut nya diaplikasikan dalam akhlak keseharian siswa baik di lingkungan sekolah, orang tua dan masyarakat," ucap Iryana. Menurut Iryana, dengan ilmu agama dapat membentuk karakter akhlak siswa yang baik. Pada kesempatan yang sama Iryana kembali berpesan agar para siswa untuk dapat serius mengikuti setiap materi agama yang disampaikan. Kembali dikatakan Iryana, dirinya mengharapkan agar kegiatan Sanlat dapat membentuk siswa-siswi sekolah ini bisa menjadi generasi yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. "Semoga dengan adanya kegiatan Sanlat ini, dapat membentuk dan membangun semangat beribadah, memperbaiki akhlak dan etika para siswa,' tutur Iryana berharap karakter akhlak siswa dapat terbentuk
Sementara itu Ustadz Dedi Lesmana selaku pemateri Sanlat yang juga merupakan motivator muda yang cukup dikenal dalam Tausiyahnya menyampaikan, memberikan 4 kunci sukses bagi para siswa Sanlat, agar dapat menjadi generasi muda yang sukses baik di dunia dan akhirat yaitu, dengan menanamkan prinsip hidup Kepo (Kembangkan Potensi). Sebagai generasi muda harus memiliki prinsip kembangkan potensi, kenali kelebihan, teruslah belajar dan kembangkan keterampilan baru. Sehingga generasi muda bisa berkompetitif di jaman sekarang. Kunci kesuksesan yang kedua Baper (Bawa Perbedaan), dalam bekerja harus dapat melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. Jangan mengulangi hal sama terus menerus, karena cara yang sama akan menghasilkan hasil yang tidak jauh berbeda. Kunci sukses yang ketiga Utang (Unggul dan Tangguh), ketika masalah, kritikan datang hadapi, jangan menyerah dan berputus asa tetapi teruslah mencoba. Jika tujuannya untuk hal yang positif dan untuk kemajuan bersama. Bukan untuk kepentingan sesaat atau pribadi, niscaya jalan akan terbuka lebar untuk maju. Kunci sukses yang terakhir adalah Gaul (Gali Ajaran Islam). Kunci kesuksesan ini adalah meneladani kesuksesan Nabi Muhammad, SAW., yang sukses di dunia dan akhirat.Beliau Rasulullah sukses dalam berumah tangga dan seorang kepala rumah tangga.
Dari sisi militer, beliau sukses menjadi panglima, dari sisi bisnis beliau sukses menjadi pedagang dan masih banyak lagi kesuksesan beliau lainnya. Adapun kesuksesan Nabi Muhammad SAW., ada 3 yang patut diteladani yakni, yang pertama Bertaqwa, menurut Imam Al-Ghazali adalah menjalankan perintah Allah dan menjauhi semua larangannya. Yang keduaTaati perintah orang tua, yang dijelaskan dalam QS. Annisa ayat 36 yang menjelaskan perintah untuk berbuat baik kepada orang tua. Karena surganya seorang anak, terletak pada orang tuanya, dan neraka nya seorang anak akibat dari durhaka kepada orang tuanya. Kunci kesuksesan yang terakhir adalah, memperbanyak doa. Setiap selesai melaksanakan ibadah, harus diakhiri dengan memanjatkan doa. Sebagaimana yang dijelaskan dalam QS. Albaqarah ayat 186. "Apa bila hamba-hambaku bertanya kepadamu tentang aku, maka jawablah bahwa sesungguhnya aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa, apabila ia memohon kepadaku. Maka hendaklah menjalankan perintahku dan hendaklah mereka beriman kepadaku agar mereka selalu dalam kebenaran". Sehingga doa menjadi hal yang penting sebagai kunci sukses umat Islam. Pada kesempatan yang sama Ustadz Dedi juga kembali berpesan, dengan meneladani kunci kesuksesan Nabi Muhammad SAW., dan tokoh-tokoh Islam lainnya. "Mudah-mudahan dapat sukses di dunia dan akherat. Begitu pula dengan menerapkan kunci-kunci falsafah hidup diatas, Insyaallah bisa meraih kesuksesan dalam hidup dunia dan akhirat," Ingatnya.Untuk diketahui kegiatan sanlat ini, terdiri dari beberapa rangkaian acara yang menarik dan bermanfaat. Pada hari pertama, ada lomba Fashion Show (Busana Muslim) yang diikuti oleh perwakilan kelas X dan XI. Lomba ini ditujukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dikalangan para siswa, dalam berbusana sesuai dengan syariat Islam. Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk menunjukkan bahwa busana muslim tidak menghalangi anak anak muda muslim, untuk tampil keren, modis dan kreatif
Selanjutnya Kegiatan sanlat ini ditutup dengan kegiatan berbagi kepada keluarga SMAN 1 Abung semuli yang membutuhkan, yang terdiri dari siswa-siswi kelas X dan XI. Kegiatan ini merupakan bentuk dari kepedulian sosial dan solidaritas antara sesama anggota keluarga besar SMAN 1 Abung Semuli. Kegiatan ini juga mengajarkan kepada siswa-siswi tentang pentingnya berbagi dan bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Melalui kegiatan berbagi rezeki ini diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan, dan pengalaman baru bagi siswa siswi. Tetapi juga dapat memberikan nilai-nilai positif, yang dapat membentuk karakter mereka menjadi lebih baik. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain yang ingin mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang bermakna. (Rd)




×
Berita Terbaru Update