Notification

×

Iklan

Iklan

Lampung Tengah Raih Penghargaan Dari Kemendagri RI, Sukses Terapkan E-Voting Dalam Pilkakam Serentak 2022

Selasa, 18 Oktober 2022 | Oktober 18, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-18T09:55:16Z
Lampung Tengah, NR- Penerapan sistem Aplikasi E-voting di Pilkakam serentak di Kabupaten Lampung Tengah mendapat prestasi dan apresiasi dari Kemendagri/Mendagri M. Tito Karnavian. Terbukti, Kabupaten Lampung tengah mendapatkan prestasi berupa Sertifikat penghargaan. Sebagai kabupaten pertama di Provinsi Lampung, yang berhasil dalam menerapkan Aplikasi E-Voting. Dalam dalam pemilihan kepala desa/Kakam serentak, di Kabupaten Lampung Tengah 2022.
Menanggapi prestasi yang sudah diraih Lampung Tengah Bupati Musa Ahmad, S.Sos, MM., mengatakan, bersyukur atas prestasi yang diraih, dan penghargaan yang telah diberikan Kemendagri tersebut.
"Penghargaan dari Kemendagri adalah prestasi yang patut kita syukuri", ucap Bupati (18-10-2022).
Menurutnya, penerapan E-Voting dalam pelaksaan Pilkades/Pilkakam baru pertama kali dilaksanakan di Provinsi Lampung.
"Alhamdulillah, penerapan Pilkakam serentak berhasil, aman dan sukses. Bahkan Lampung Tengah mendapat apresiasi dan prestasi mendapatkan penghargaan dari Kemendagri," ungkap Bupati Musa Ahmad penuh semangat.
Sebagai informasi buat kita, sebelum dilaksanakan penerapan E-Voting dalam Pilkakam serentak. Diawali dengan hadirnya Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Yusharto Huntoyugo pada acara simulasi penerapan sistem E-voting di Pilkakam Lampung Tengah. Yang dilaksanakan di Balai Kampung Wates Kecamatan Bumi Ratu Nuban. Beberapa bulan yang lalu (25/3/22). Pada saat Yusharto Huntoyugo menjelaskan, bahwa pemilihan kepala desa lewat sistem E-voting ini masih baru di Lampung. Diperkenalkan pertama kali di Lampung Tengah, karena pada tahun ini akan ada Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) di kabupaten setempat. "Di Lampung, hanya Lampung Tengah yang melakukan pemilihan lewat sistem E-voting, dan ini bisa menjadi contoh bagi kabupaten lain". Jelasnya.
Pada bagian yang sama, Dirjen kembali menjelaskan, banyak keuntungan yang didapat dalam pelaksanaan E-voting. Dalam jangka panjang alatnya bisa di pakai kembali, dan pelaksanaan Pilkades secara E-voting dijamin aman. “Selain itu tata caranya sangat mudah dan lebih cepat, sehingga masyarakat tidak perlu lama menunggu antrean pencoblosan,” paparnya.
Sementara ditempat yang sama Bupati Lamteng Musa Ahmad menyatakan, Pilkakam E-voting akan segera dilaksanakan di lima kampung. "Awal mulanya saya minta maksimal tiga kampung, bisa menggelar Pilkakam E-voting. Tapi ada informasi lima kampung, siap menggelar Pilkakam E-voting. "Mudah-mudahan apa yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik," harap Bupati. (Ag)


×
Berita Terbaru Update