Notification

×

Iklan

Iklan

Berdayakan Pelaku Ekonomi UMKM, Pemda Gandeng OJK

Senin, 13 Juni 2022 | Juni 13, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-13T13:17:55Z
Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad SSos & Kepala OJK Lampung Bambang Hermanto
Nuranirakyat.com.Gunungsugih- Penguatan UMKM di Kabupaten Lampung Tengah, merupakan bagian dari langkah pemerintah daerah melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Sebab usaha di sektor tersebut telah terbukti mampu bertahan di tengah krisis ekonomi, menyerap banyak tenaga kerja, dan berperan strategis setelah Pasca Pandemi Covid 19 yang sempat mengalami 'stagnan.
Demikian dikatakan Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad S.Sos, dalam sambutannya pada acara audiensi bersama Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) Provinsi Lampung di Rumah Dinas Bupati, Senin Juni 2022.
Menurut Bupati, Pemerintah Daerah (Pemda) kontinu berupaya meningkatkan taraf kesejahteraan ekonomi masyarakat di Lampung Tengah. Oleh sebab itu terang Bupati, sinergi OJK dengan Pemda dan sangat diperlukan, agar fungsi benar-benar menyentuh kesejahteraan dan kemajuan ekonomi masyarakat.

Lebih lanjut ditambahkan Bupati, untuk itu dibutuhkan inovasi dan terobosan riil.
Guna mencari solusi terbaik dalam pengembangan ekonomi kerakyatan, melalui pemberdayaan ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
"Sinergi yang dilakukan dengan pihak OJK, tujuan adalah untuk membangkitkan dan menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat melalui UMKM," imbuhnya
Sehingga lanjutnya,
diharapkan nantinya kedepan pelaku UMKM dapat lebih memahami konsep dasar dari produk keuangan. Dengan efektif melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang lebih baik.
Dengan bersinergi dengan OJK, bisa melindungi mereka (pelaku UMKM) dari penipuan dan usaha tidak sehat di 'pasar keuangan.
Diakhir sambutan, Bupati menjelaskan bahwa, pemberdayaan UMKM ini berdasarkan melihat animo masyarakat. Dalam hal pengurusan izin usaha pada momen acara 'bunga kampung . Untuk itu Pinjaman kepada kelompok UMKM, akan diberikan pinjaman dengan bunga yang rendah. Hal tersebut terangnya merupakan sebagai bentuk perhatian pemda terhadap masyarakat. "Saya mensupport program yang baik ini demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Lampung Tengah," harap Bupati.
Pemberdayaan UMKM ini berdasarkan melihat animo masyarakat dalam pengurusan izin usaha pada acara bunga kampung .Untuk itu Pinjaman kepada Kelompok UMKM akan diberikan dengan bunga yang rendah, hal tersebut merupakan Sebagai bentuk perhatian pemda terhadap masyarakat , untuk itu Bupati Musa Ahmad mensupport apa yang menjadi program yang baik ini demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Lampung Tengah.
Kepala OJK Lampung Bambang Hermanto
Sementara itu, dalam Sambutannya Kepala OJK Bambang Hermanto mengatakan, bahwa pertemuan ini selain silaturahmi. Sekaligus juga membahas program 'program unggulan Lampung Tengah. Yang bisa dibantu dan di fasilitasi Oleh OJK. Salah satu materi bahasan dalam acara tersebut, yakni pengelolaan keuangan yang baik dan Lampung Tengah. Selanjutnya akan dilakukan survey mengenai kemajuan tingkat ekonominya.
Salah satu programnya, yaitu akan memberdayakan pihak UMKM melalui Bank Rajasa. Menurut Bambang, Pemberian pinjaman pada UMKM, sebaik nya digunakan untuk modal kerja dan investasi aset.
Dalam Kesempatan tersebut hadir Kepala OJK beserta jajarannya, Asisten 1 Adi Sriyono, Kepala BPKAD, Kadis Kominfo dan Sekretaris Bappeda. (R)


×
Berita Terbaru Update