Notification

×

Iklan

Iklan

Opini: Tidur Menghadap Kiblat Bernilai Ibadah Mendatangkan Pahala

Jumat, 10 Juni 2022 | Juni 10, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-11T11:44:52Z

Oleh: Hery Sabaruddin MAg
Pemred Nuranirakyat/ Alumni Sarjana Tafsir Hadis IAIN Jakarta.
Tidur Ala Rasulullah Yang Dianjurkan
Nuranirakyat.com- Mengutip dari Hadis Rasulullah, dalam satu Sunahnya posisi tidur yang baik sesuai dengan ketentuan syariat agama berbunyi, "bahwa Rasulullah memerintahkan ‘Aisyah untuk menyiapkan tempat tidurnya. Tempat tidurnya pun disiapkan, lalu Rasulullah tidur menghadap kiblat. Dan apabila beliau merebahkan diri di atasnya, beliau jadikan telapak tangan kanannya sebagai bantal."(HR. Abu Ya’la). Diperkuat dengan hadis
Lainnya masih berkaitan dengan anjuran tidur yang disunahkan. Seperti yang tertulis di dalam
hadist Bukhari dan Muslim.
"Nabi Muhammad SAW bersabda:"Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." (HR Bukhari & Muslim).
Mengingat, menjalankan sunnah sesuai ajaran Rasulullah SAW, merupakan ibadah yang dapat mendatangkan pahala bagi umat muslim. Disamping itu, amalan sunnah juga sangatlah dianjurkan bagi muslim karena memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Misalnya saja, dengan mengamalkan sunnah sebelum tidur yakni membaca doa, tidur menghadap kiblat dan maka akan ada banyak manfaat dan keutamaan yang bisa didapatkan oleh umat muslim.
Sedangkan, anjuran untuk tidur menghadap kiblat sebagaimana Sunnah Rasulullah SAW, tersebut sebenarnya muncul bukan tanpa alasan. Sebab dari segi Medis dan Sains-pun, tidur dengan menghadapkan wajah ke arah kiblat atau memiringkan tubuh ke sebelah kanan dapat mengurangi beban jantung dan menyehatkan sistem pernapasan. Tidak hanya itu, nyatanya tidur dalam posisi miring ke kanan juga bermanfaat untuk mengistirahatkan lambung, dan mampu membuat tubuh menyerap nutrisi lebih maksimal.
Selain anjuran tidur menghadap kiblat, umat muslim juga dianjurkan untuk mengamalkan sunnahlainnya. Sebelum pergi tidur di malam hari agar mengikuti sesuai ajaran Rasulullah SAW, antara lain, membersihkan atau mengibas tempat tidur sebanyak 3 kali, agar umat muslim dapat tidur dengan nyaman.
Mengambil wudhu sebelum tidur, agar umat muslim tidur dalam keadaan bersuci agar terhindar dari mimpi buruk. Selanjutnya, membaca doa sebelum tidur agar Allah SWT, senantiasa memberikan penjagaan dan perlindungannya kepada umat muslim sepanjang malam. Serta
menghindarkannya dari marabahaya di malam hari. Mengingat ada banyak sekali manfaat dan keutamaan dari anjuran sunnah sebelum tidur tadi, maka ingatlah untuk selalu mengamalkan ajaran sunnah Rasulullah SAW. Agar umat muslim bisa mendapatkan keutamaan-keutamaan tersebut. Semoga amalan-amalan sunah Rasul bisa menjadi tauladan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Waallahu A'lam Bissawab.....
×
Berita Terbaru Update