Notification

×

Iklan

Iklan

Rabu, 25 Mei 2022 | Mei 25, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-31T00:32:07Z

Opini: Selayang Pandang, Mengenal 'APKASI' Mitra Strategis, fasilitator, Advokasi Mengawal Otonomi Daerah.

Redaksi Media Nurani Rakyat
Hery Sabaruddin, SAg, MAg

Nuranirakyat, Com- Sejak bergulirnya era reformasi 1998, kebebasan bicara, berpendapat, mengkritik, dan kebebasan berorganisasi dan mendirikan berbagai macam organisasi yang berfokus kepada aspirasi masyarakat semakin tumbuh subur diera tersebut. Tentunya hal tersebut, terangkai oleh bingkai demokrasi. Dan tetap tetap diatur dalam koridor aturan dan perundang undangan yang berlaku di Indonesia.

Kemudian dari pada itu, seiring dengan hal tersebut, perubahan sistem pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi (otonomi daerah) pada tahun 1999. Menjadikan pemerintah kabupaten memiliki prakarsa sendiri dalam membangun daerahnya, lebih menitikberatkan aspirasi masyarakat dan memiliki kewenangan lebih luas dalam membangun daerahnya. Kewenangan luas ini menjadi hal baru bagi daerah dan juga kepala daerah yaitu bupati.

Untuk mendukung dan mencapai keberhasilan sistem tersebut, pemerintah kabupaten membutuhkan perkumpulan atau organisasi.

Menyikapi hal tersebut, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia mengeluarkan instruksi pada tahun 2000.

Ketua Apkasi Pusat
Sutan Riska Tuanku Kerajaan 2021/2026


Untuk membentuk wadah kerjasama pemerintah kabupaten seluruh Indonesia, yaitu Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia). 

Apkasipun terbentuk dideklarasikan pada 30 Mei tahun 2000, oleh 26 bupati dari 26 provinsi saat itu, dihadapan Menteri Dalam Negeri, Surjadi Soedirdja dan Menteri Negara Otonomi Daerah selaku Wakil Ketua DPOD, Ryaas Rasyid.

Keanggotaan Apkasi menganut sistem 'Stelsel Pasif. Artinya, seluruh pemerintah kabupaten di Indonesia, termasuk kabupaten yang baru dimekarkan secara otomatis menjadi anggota Apkasi. Saat ini, 416 pemerintah kabupaten di Indonesia dan aktif di organisasi Apkasi.


Ketua Apkasi Korwil Lampung
Musa Ahmad SSos

Selanjutnya, sebagai wadah pemerintah kabupaten, Apkasi memiliki tugas-tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat kabupaten. Agar dapat berjalan baik, memiliki semangat kuat dalam membangun daerahnya dan sebagai mitra strategis antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten. Tugas-tugas Apkasi diantaranya, memasilitasi kepentingan pemerintah kabupaten dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah sesuai hakekat otonomi daerah.

Berdasarkan dasar rujukan pembentukannya pada tahun 2000. Apkasi memiliki tugas pokok sebagai penyedia Advokasi, Mediasi dan Fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dan instansi lainnya sesuai hakekat otonomi daerah. 

Sedangkan tujuan lainnya Apkas didirikan adalah; sebagai wadah pemerintah kabupaten, Apkasi memiliki tugas-tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat kabupaten berjalan baik, memiliki semangat kuat dalam membangun daerahnya dan sebagai mitra strategis antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten. Tugas-tugas Apkasi diantaranya memasilitasi kepentingan pemerintah kabupaten dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah sesuai hakekat otonomi daerah.

Pelantikan Ketua Apkasi Lampung

Sesuai dasar pembentukannya pada tahun 2000, Apkasi memiliki tugas pokok sebagai penyedia Advokasi, Mediasi dan Fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dan instansi lainnya sesuai hakekat otonomi daerah. Sedangkan fungsinya adalah:

Mitra kritis dan strategis pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintah daerah. Fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah.

Memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi. Memfasilitasi pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerintah daerah.

Mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapai persaingan regional dan global. Apkasi bermitra dengan pemerintah dalam rangka diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan, serta kebijakan di bidang otonomi daerah.

Harapan semua fihak, agar kiranya Organisasi Apkasi kontinu konsisten dan komitmen memainkan perananya sebagai mitra kritis, Pendamping, fasilitator, motivator, aspirator, dinamisator, advokator terhadap maju dan berkembangnya otonomi daerah.

Alangkah baiknya  eksistensi Apkasi, lebih condong dalam perjuangannya kedepan kebih memprioritaskan pembangunan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Juga tanpa menafikan pembangunan fisik infrastruktur sebagai penunjang kemajuan pembangunan.

Harapannya, agar terciptannya negara/provinsi/kabupaten  yang ' baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,' (negeri yang subur dan makmur selalu diberkahi oleh Allah SWT). 

Semoga........🤲🤲🤲 (R)

×
Berita Terbaru Update