Notification

×

Iklan

Iklan

SMAN 1 Seputih Raman Lakukan Kunjungan Edukatif, Study Fungsi Dan Tugas Pokok Anggota Dewan

Rabu, 30 Agustus 2023 | Agustus 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-01T01:15:15Z

Bandar Lampung, Nurani Rakyat.Com- Ningrum Gumay Ketua DPRD Provinsi Lampung mengapresiasi, atas kunjungan edukatif siswa SMA Negeri 1 Seputih Raman Kabupatem Lampung Tengah Provinsi Lampung ke kantor wakil rakyat tersebut. Tujuan kunjungan para pelajar itu untuk mengetahui tugas pokok dan fungsi anggota DPRD. "Peserta didik ingin mengetahui informasi secara langsung terkait tugas pokok dan fungsi DPRD," tutur Ningrum Gumay, Rabu (30/8/2023).
Pada kesempatan tersebut, Ningrum menjelaskan susunan struktural di DPRD Provinsi, mulai jumlah anggota legislatif maupun fraksi. Menurutnya Wakil rakyat mempunyai 3 fungsi yakni, legislasi, anggaran dan pengawasan. Diungkapkam Ningrum kembali kedatangan para pelajar ini, didasari keingintahuan tentang fungsi-fungsi anggota dewan. Dia pun menyebut selama ini para pelajar, hanya mendapat informasi dari media sosial semata. "Secara langsung para siswa bisa bertanya labgsung dan mereka juga diberi tahu tentang apa saja lembaga-lembaga di DPRD terutama alat kelengkapan dewan (AKD)," imbuhnya.
Pada bagian yang sama Ningrum juga berharap dengan memberikan informasi berkaitan tugas pokok dan fungsi DPRD, para pelajar yang tengah mengenyam pendidikan di bangku SMA dapat menjadi penerus estafet kepemimpinan masa depan. Selain itu jelas Ningrum, dirinya juga memastikan kantor DPRD Provinsi Lampung terbuka bagi pelajar maupun generasi muda lainnya yang ingin kunjungan edukatif. Pada kesempatan itu juga Ningrum kembali menegaskan sekaligus berpesan, agar seluruh elemen masyarakat Lampung. Agar kiranya tidak sungkan-sungkan berkunjung ke gedung parlemen untuk menyampaikan aspirasi maupun bertukar pikiran. "Jangan sungkan untuk berdiskusi, berkunjung mencari berkomunikasi dengan wakil rakyat. Karena ini gedung DPRD merupakan rumah rakyat, kami justru ingin DPRD ini tempatnya anak muda untuk berbagi cerita dan aspirasi supaya bisa memberikan inspirasi kepada kita,"harapnya.
Sementara itu dari perwakilan pihak sekolah SMA Negeri 1 Seputih Raman mengatakan, kunjungan itu dalam rangka menerapkan kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh. Yakni untuk mengetahui dan menemukan materi yang selama ini dipelajari. "Tentunya menghubungkannya kehidupan pelajar dengan kehidupan nyata dalam keseharian,"ujarnya. (Wan)
×
Berita Terbaru Update