Notification

×

Iklan

Iklan

Selayang Pandang Mengenal Program 'Double Track SMA'

Jumat, 28 Juli 2023 | Juli 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-28T23:27:44Z
SMA double track adalah SMA yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) reguler, dan menyelenggarakan kegiatan pembekalan keterampilan secara berdampingan dengan memanfaatkan kearifan lokal.

Program Double Track juga adalah istilah yang diberikan kepada sekolah yang menyelenggarakan dua program pendidikan, yaitu pendidikan formal dan program keterampilan kewirausahaan.

Sekolah yang menerapkan Program Double Track yaitu, suatu sistem yang menggabungkan sistem pembelajaran SMA dan SMK.

Nantinya, setiap peserta didik SMA akan diberi keterampilan tambahan untuk menyiapkan lulusannya siap kerja, jika tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Selain itu, terdapat tujuh keterampilan pada program double track di antaranya, tata busana, tata boga, multimedia, kecantikan, listrik, teknik elektronik, dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Adapun tujuan dari program double track ini adalah untuk memberikan keterampilan kepada siswa SMA, yang memiliki kecenderungan untuk tidak melanjutkan sekolahnya hingga ke bangku perguruan tinggi.

Dengan program Double Track ini bisa memberikan keterampilan dan jiwa kewirausahaan kepada para siswa dan memberikan bekal pengetahuan juga kompetensi sesuai dengan bidang keahlian yang dipilih.

Salah satu dari tujuan utama dari Program ini yakni, memberikan keterampilan kepada siswa SMA/MA sederajat. Sehingga jika mereka lulus dan terpaksa belum memiliki kesempatan untuk melanjutkan kuliah diperguruan Tinggi. 

Maka siswa tersebut memiliki bekal mandiri untuk berwirausaha, atau bekerja di daerahnya sesuai Skill yang dimiliki. (*)






































×
Berita Terbaru Update