Notification

×

Iklan

Iklan

2 Calon Kabupaten Baru Di Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Tengah Sedang Proses Menuju Pemekaran

Kamis, 22 Juni 2023 | Juni 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-23T02:22:22Z

Lampung, Nurani Rakyat.Com-Jumlah kabupaten di Provinsi Lampung bakal bertambah. Ada 2 calon kabupaten baru di Provinsi Lampung, yang lokasinya berjarak 105 km dari Bandar Lampung. Dua calon kabupaten baru di Provinsi Lampung ini berasal dari pemekaran Kabupaten Lampung Tengah. Dengan adanya tambahan 2 calon kabupaten baru, Provinsi Lampung akan mempunyai 17 kabupaten/kota. Dikutip dari Laman lampungprov.go.id, pemekaran Kabupaten Lampung Tengah tersebut telah disetujui di tingkat Gubernur dan DPRD Provinsi Lampung.
Untuk selanjutnya, proses pemekaran tinggal menunggu persetujuan dari pemerintah pusat. Berkas proses pemekaran Lampung Tengah telah dikirim sejak awal Desember 2015. "Untuk proses di gubernur dan DPRD Provinsi Lampung hingga saat ini sudah selesai, tinggal menunggu persetujuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Dalam Negeri untuk mengesahkan daerah otonomi baru tersebut," ucap Kepala Biro Otonomi Daerah Setprov Lampung Chandri kala itu. Dua calon kabupaten baru dari pemekaran Lampung Tengah, adalah Kabupaten Seputih Timur dan Kabupaten Seputih Barat. Pemekaran tersebut merupakan usul dari masyarakat Lampung Tengah sendiri. Masyarakat Lampung Tengah menginginkan daerahnya dimekarkan agar proses administrasi penduduk lebih mudah dan cepat
Kabupaten Seputih Timur nantinya akan mencakup Kecamatan Bandar Mataram, Seputih Banyak, Way Seputih, Rumbia, Putra Rumbia, Bumi Nabung, Seputih Surabaya, dan Bandar Surabaya. Sementara calon Ibukota Kabupaten Seputih Timur nantinya ada di Kecamatan Bumi Nabung. Untuk Kabupaten Seputih Barat, nantinya akan mencakup Kecamatan Padang Ratu, Anak Tuha, Anak Ratu Aji, Bangun Rejo, Kalirejo, Pubian, Sendang Agung, dan Selagai Lingga. Sementara calon Ibukota Kabupaten Seputih Barat nantinya ada di Kecamatan Padang Ratu. (*)

×
Berita Terbaru Update