Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Satgas Penilaian GLS Lampung Utara Lakukan Visitasi Di SMAN 1 Abung Semuli

Senin, 22 Mei 2023 | Mei 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-28T05:30:47Z

Lampung Utara, Nurani Rakyat.Com- Tim Satgas Penilaian Visitasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kabupaten Lampung Utara, Senin 22 Mei 2023 Pukul 09.35 WIB, mengunjungi SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara Provinsi Lampung. Tujuan Visitasi ke sekolah tersebut yang dilakukan bertujuan untuk melaksanakan kegiatan verifikasi, klarifikasi dan klasifikasi terhadap materi objek baik meliputi fakta atau instrumen terkait dengan substansi penilaian GLS, Juga terkait data dan informasi pendukung, serta observasi terhadap kondisi objektif sekolah untuk menentukan status, peringkat, dan predikat yang merupakan kesimpulan untuk barometer untuk menentukan penilaian terhadap sekolah itu .
Ketua Tim Satgas Penilaian GLS Al-Qodri, S.Pd., MM., dalam kunjungannya mengatakan bahwa tujuan visitasi literasi dilakukan untuk menilai secara dekat objek yang menjadi sasaran dan instrumen materi penilaian literasi. Selanjutnya untuk menentukan predikat penilaian terhadap sekolah yang dinilai. Objek yang menjadi substansi penilaian berakses kepada untuk meningkatkan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas literasi yakni, membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara.
Sementara itu Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Abung Semuli Iryana Febriza Wardhani, S.Pd., M.Pd., Tim Satgas Penilaian GLS Kabupaten Lampung Utara yang dipimpin oleh Ketuanya AlQodri, S.Pd., MM., beserta tim penilai lainnya melakukan Visitasi ke beberapa objek tempat fasilitas sekolah yaitu; dimulai dari ruangan kelas belajar setiap kelas yang berkaitan dengan literasi, kebun edukasi, saung literasi, daur ulang sampah menjadi kompos. Ruang Kepala/Wakil Kepala Sekolah, perpustakaan/fasilitas membaca siswa, Mading siswa, ruang/fasilitas UKS, kantin, Mushola/kegiatan keagamaan, dll.
Dikatakan Iryana kembali bahwa Tim GLS melakukan visitasi penilaian terkait fasilitas teknis dan instrumen literasi baik yang diketahui dan dimiliki yakni, Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Finansial, Literasi Budaya dan Kewargaan. Pada bagian yang sama Iryana juga memberikan apresiasi dan terimakasih atas penilaian dan kunjungan Tim GLS di sekolah tersebut.
Lebih lanjut Iryana mengungkapkan harapannya agar SMAN 1 Abung Semuli bisa menjadi juara lomba GLS ttingkat Kabupaten Lampung Utara. Sehingga bisa mewakili Lampung Utara untuk mengikuti lomba GLS tingkat Provinsi. "Surprise dan harapan buat kami semua, jika SMAN 1 bisa menjuarai GLS kabupaten, dan bisa mengikuti kompetisi tingkat provinsi," ucapnya. Dijelaskan Iryana kembali menambahkan, bahwa SMAN 1 Abung Semuli sebelum mengikuti lomba GLS, jauh sebelumnya telah memiliki instrumen dan objek materi yang menjadi penilaian GLS. "Materi dan instrumen literasi jauh sebelumnya sudah dimiliki dan sudah diimplementasikan dalam kegiatan disekolah maupun kegiatan belajar mengajar guru dan siswa," jelasnya. (Rd)

×
Berita Terbaru Update