Notification

×

Iklan

Iklan

KPK Tetapkan Sepuluh Desa Antikorupsi

Selasa, 07 Juni 2022 | Juni 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-07T10:09:42Z

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi
Firli Bahuri

Nuranirakyat.com.Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaunching 10 desa percontohan desa antikorupsi di Indonesia tahun 2022.

Adapun tujuan Program Desa Antikorupsi, ialah menyebarluaskan tentang pentingnya membangun integritas dan nilai-nilai antikorupsi kepada pemerintah dan masyarakat desa. Termasuk memperbaiki tata kelola ADD dan laksana pemerintahan desa yang berintegritas. Serta memberikan pemahaman serta peningkatan peran serta masyarakat desa dalam upaya mencegah dan memberantas korupsi.

Sementara 10 desa yang terpilih/ditetapkan sebagai desa anti korupsi antaralain,

Desa Hanura Kabupaten Pesawaran Lampung, Desa Kamang Hilla Kabupaten Agam Sumatera Barat, Desa Mungguk Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat, Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung Jawa Barat, Desa Banyubiru Kabupaten Semarang Jawa Tengah, Desa Sukojati Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, Desa Kutuh Kabupaten Badung Bali, Desa Kumbang Kabupaten Lombok Timur -NTB, dan Desa Batusoko Barat Kabupaten Ende NTT.

Untuk diketahui, pemilihan 10 desa tersebut telah dimulai sejak awal Februari 2022 dengan empat tahapan.

Tahapan pertama, tahap observasi. Tim KPK melakukan observasi terhadap 23 desa di 10 provinsi, yang menjadi target untuk penilaian kesiapannya menjadi percontohan desa antikorupsi. Akhirnya, Kemudian didapatkan 10 desa terpilih di 10 provinsi.

Tahapan kedua, adalah pelaksanaan 'kick off' yang dimulai hari Selasa ini , dan dilanjutkan dengan bimbingan teknis mulai 8 - 21 Juni 2022. k

Untuk itu, diharapkan seluruh elemen masyarakat agar dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait upaya dan langkah-langkah yang dilakukan dalam rangka pemenuhan komponen dan indikator desa antikorupsi.

Tahapan ketiga, dilakukan penilaian oleh KPK, Kementerian Desa PDTT, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam

Negeri. Konsultan dan beberapa pemerhati. Dan tahapan keempat, peresmian Desa Antikorupsi terpilih yang dilakukan pada November 2022 mendatang.

Demikian dikatakan Ketua KPK Firli Bahuri , mendukung pembangunan budaya antikorupsi dari Desa Pakatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa yang ditandai dengan pembukaan 'kick off' Bimbingan Teknis Pembentukan Desa Antikorupsi 2022 untuk 10 desa percontohan di Indonesia.


Menurutnya, kegiatan ini menjadi pembukaan rangkaian kegiatan pembentukan desa antikorupsi 2022 yang akan diselenggarakan di Desa Pakatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Melalui kegiatan yang mengusung tema Berawal dari Desa Kita Wujudkan Indonesia Bebas dari Korupsi, lanjut dia, diharapkan 10 desa percontohan dari 10 provinsi di Indonesia ini akan menularkan ilmu dan pengalamannya

Lebih lanjut diungkapkannya,

Kegiatan 'kick off' desa antikorupsi akan menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya, untuk menjadi desa yang bersih dari praktik korupsi.

Harapannya, budaya antikorupsi lahir dari level masyarakat desa dan terus menyebar hingga ke tingkat pemerintahan yang lebih tinggi.(R)


×
Berita Terbaru Update