Notification

×

Iklan

Iklan

Mengisi Kegiatan Bulan Suci Ramadhan 1445 H, SMAN 1 Abung Semuli Adakan Sanlat dan Lomba Keagamaan

Senin, 01 April 2024 | April 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-02T09:37:55Z
TAMPAK GAMBAR- Kepala Sekolah dan Guru Foto Bersama Siswa/i Usai Pembukaan Acara Pesantren Kilat. 

Lampung Utara, Nurani Rakyat.Com- Dalam rangka mengisi kegiatan di bulan suci Ramadhan, SMA Negeri 1 Abung Semuli Lampung Utara melaksanakan kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) yang mulai dilaksanakan pada tanggal 2-4 April 2024 /Ramadhan 1445 H di Sekolah tersebut.
Adapun tema yang diusung dalam kegiatan Sanlat ini "Membentuk Karakter Peserta Didik Yang Berakhlakul Karimah". Dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
Acara Sanlat dibuka dengan pembacaan Kalam Ilahi (Quran) yang dilantunkan seorang siswa. Dilanjutkan dengan sambutan langsung Kepala Sekolah SMAN 1 Abung Semuli Iryana Febriza Wardhani, S.Pd., M.Pd. membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya Iryana mengatakan, Pesantren kilat (SanLat) merupakan suatu kegiatan yang sangat positif, yang bertujuan dalam rangka membentuk karakter Islami pada siswa/i dan sebagai sarana agar dapat menambah keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.
Kekompakan Guru dan Siswa/i SMAN 1 Abung Semuli Pada Acara Pembukaan Sanlat Di Mushola Al-Ihsan.

Menurut Iryana sebagaimana yang dijelaskan dalam firman Allah yang mengatakan, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa" (Surat Albaqarah ayat 183). Di dalam ayat yang mulia ini terang Iryana, Allah Ta’ala menjelaskan bahwa puasa disyariatkan bagi hamba-Nya yang beriman untuk meningkatkan dan menyempurnakan ketakwaan mereka.
Taqwa merupakan sebuah istilah yang mencakup seluruh kebaikan. Para ulama menjelaskan bahwa takwa adalah melaksanakan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, karena mengharap pahala dari Allah Ta’ala dan karena rasa takut terhadap adzab dan hukuman-Nya. Maksud ayat tersebut bahwa hanya orang yang beriman saja yang diwajibkan berpuasa, agar menjadi insan yang bertaqwa. 
TAMPAK-Siswa/i Peserta Lomba Keagamaan Sedang Memperhatikan Arahan Dewan Juri.

"Jadi beruntunglah kita semua yang menjalankan ibadah puasa saat ini, berarti kita tergolong orang-orang beriman. Semoga dengan ibadah puasa yang sedang kita jalankan saat ini, menjadikan kita menjadi oran-orang yang bertaqwa", ucapnya. Pada bagian yang sama Iryana berpesan kepada siswa/i yang mengikuti lomba pada kegiatan Sanlat, agar bersungguh-sungguh mengikutinya agar dapat berprestasi dan berkarakter akhlakul karimah.
GAMBAR- Juri Sedang Memberikan Penilaian Dalam Lomba Doa (Foto Diatas), Siswa/i Sedang Mengikuti Lomba Cerdas Cermat (Foto Dibawah).

Sementara itu di tempat yang sama hal senada diungkapkan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Iin Zainah S.Pd., bahwa kegiatan Sanlat yang diikuti oleh siswa-siswa kelas X dan XI ini akan berlangsung selama tiga hari. Dimulai dari Hari Selasa 2 April - Kamis 4 April 2024. Dengan rencana kegiatan, Hari Selasa 2 April kegiatan lomba doa, dai, dan LCT. Kemudian pada Rabu, 3 April lomba Fashion Show busana muslim. Di hari terakhir Kamis 4 April, kegiatan Sanlat akan ditutup dengan acara Tausiyah. 
"Tujuannya dilaksanakan Sanlat adalah, membentuk insan-insan yang bertakwa dan manfaatnya agar para peserta didik di dalam mengisi kegiatan Ramadan ini agar dapat membentuk karakter dan akhlakul karimah", tuturnya. (Rd)



×
Berita Terbaru Update