Notification

×

Iklan

Iklan

Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SMAN 1 Abung Semuli Adakan 'Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua OSIS'

Selasa, 12 September 2023 | September 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-13T14:23:37Z

Lampung Utara, Nurani Rakyat.Com- Dalam rangka upaya untuk memperkuat profil pelajar Pancasila, SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara Provinsi Lampung melakukan Semarak Pesta Demokrasi pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bakti 2023-2024. Bertempat di sekolah tersebut, Rabu (13/9/2023). Tujuan dilaksanakan pesta demokrasi itu sendiri, untuk melatih, mengenalkan kepada peserta didik pengalaman praktis berdemokrasi.
Kegiatan yang dimulai pukul 08.00-12.34 WIB ini, berlangsung dengan tertib dan lancar. Terlihat dari antusiasme peserta didik yang hadir memberikan support dan juga yang menggunakan hak suara pada saat pemilihan berlangsung. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah, dewan guru, staff TU dan segenap peserta didik di sekolah itu.

Kelima pasangan calon kandidat antara lain, Rena dan Luna sebagai pasangan calon nomor satu, Damyan dan Yossi sebagai pasangan calon nomor dua, Helda dan Sita sebagai pasangan calon nomor tiga, Nadhif dan Sefrinda, Ringgo dan Mawar sebagai pasangan calon nomor empat dan yang terakhir paslon yang kelima.Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Abung Semuli Iryana Febriza Wardhani, M.Pd. tujuan dilaksanakannya pemilihan ketua OSIS sebagai pesta demokrasi. Untuk memberikan kesempatan kepada para pelajar, dalam melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman praktis berdemokrasi yakni, melibatkan diri langsung untuk mengikuti proses pemilihan pemilihan ketua OSIS.Ditambahkan Iryana kembali bahwa tujuan prinsip lainnya, adalah mengimplementasikan substansi dalam kurikulum Merdeka dengan mengadakan semarak pesta demokrasi pemilihan ketua OSIS. Dijelaskan Iryana kembali bahwa sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepemimpinan. Salah satu aspek penting yang perlu diperkuat, adalah profil pelajar Pancasila. Sebab mencakup nilai-nilai moral, sosial, dan politik yang menjadi landasan negara Indonesia. Dalam upaya untuk memperkuat profil pelajar Pancasila tutur Iryana kembali, SMAN 1 Abung Semuli dengan mengaplikasikan esensi yang terdapat di dalam kurikulum merdeka. "Pembentukan karakter pelajar yang berlandaskan Pancasila dan sarana pembelajaran berdemokrasi, " ujarnya.Sementara itu pada proses pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS berdasarkan hasil rekapitulasi. Pasangan calon nomor urut satu mendapatkan 312 suara, pasangan calon nomor dua mendapatkan 73 suara. Paslon nomor tiga mendapatkan 70 suara, pasangan nomor empat mendapatkan 118 suara dan paslon kelima mendapatkan 262 suara. Dengan demikian, pasangan calon nomor satu Renatha dan Keisha Adya Luna terpilih memenangkan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023-2024. Untuk diketahui bahwa proses kegiatan pemilihan ketua OSIS berjalan lancar, sukses dan kondusif. Terlihat guru, staff dan peserta didik begitu antusias menikmati, dan mengikuti pesta demokrasi pelajar tersebut. (Rd)




×
Berita Terbaru Update