Notification

×

Iklan

Iklan

Renatha dan Keisha Adya Luna 'Nahkodai OSIS SMANSA Abung Semuli Periode 2023-2024'

Kamis, 14 September 2023 | September 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-15T10:38:26Z
Lampung Utara, Nurani Rakyat.Com- Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Smansa Abung Semuli Lampung Utara Provinsi Lampung menyelenggarakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023-2024. Pemilihan ini diadakan sesuai dengan tata cara seperti pemilihan secara langsung. Kelima Pasangan Calon (Paslon) kandidat antara lain, Renatha dan Keisha Adya Luna sebagai pasangan calon nomor satu, Damyan dan Yossi sebagai pasangan calon nomor dua, Helda dan Sita sebagai pasangan calon nomor tiga, Nadhif dan Sefrinda, Ringgo dan Mawar sebagai pasangan calon nomor empat dan yang terakhir paslon yang kelima.
Setelah melalui proses pemilihan yakni, Renatha dan Keisha Adya Luna kandidat Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1, berhasil memenangkan persaingan dan sukses menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS Smansa Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara masa jabatan 2023-2024. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu 13 September 2023 ini, menggunakan prinsip demokrasi yaitu, menggunakan hak yang dimiliki untuk memilih kandidat yang layak menjadi ketua dan wakil ketua OSIS. Adapun yang mempunyai hak pilih adalah seluruh peserta didik Kelas XI, XI, XII dan dewan guru Acara kegiatan pemilihan ketua OSIS dan wakil ketua ini dimulai pukul 08.00 - hingga pukul 12.34 WIB, yang dilaksanakan di sekolah tersebut berlangsung dengan tertib dan lancar. 
Terlihat dari antusiasme peserta didik yang hadir memberikan support dan juga yang menggunakan hak suara pada saat pemilihan berlangsung. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah, dewan guru, staff TU dan segenap peserta didik di sekolah itu. Sebelum proses pemilihan berlangsung, masing-masing Paslon kandidat diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misinya, jika menjadi Ketua OSIS. Sementara itu pada proses pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS berdasarkan hasil rekapitulasi. Pasangan calon nomor urut satu mendapatkan 312 suara, pasangan calon nomor dua mendapatkan 73 suara. Paslon nomor tiga mendapatkan 70 suara, pasangan nomor empat mendapatkan 118 suara dan paslon kelima mendapatkan 262 suara.Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMANSA Abung Semuli Iryana Febriza Wardhani, M.Pd. mengatakan bahwa, tujuan dilaksanakannya pemilihan ketua OSIS sebagai pesta demokrasi. Untuk memberikan kesempatan kepada para pelajar, dalam melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman praktis berdemokrasi yakni, melibatkan diri langsung untuk mengikuti proses pemilihan. Pengalaman praktis ini akan menjadi karakter yang sangat ideal, yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi pemimpin. Hal itu yang sedang dicoba untuk ditanamkan oleh sekolah kepada siswa-siswi, agar kelak mereka bisa menjadi pemimpin berka­rakter di masa yang akan datang. 
Sedangkan menanamkan karakter kepemimpinan bisa dengan banyak cara, salah satunya dengan berorganisasi. Begitu pula menanamkan jiwa kepemimpinan pun harus dimulai sedini mungkin di tingkat pelajar, siswa bisa dilatih memimpin melalui kegiatan OSIS. Selanjutnya sekolah pun merancang beragam kegia­tan yang bisa memacu siswa untuk berlatih kepemimpinan dan keor­gani­sasian sebagai bekal kehidupan mereka di masa depan.
"Di kepengurusan OSIS siswa dapat belajar bagaimana berorganisasi, bagaimana berinteraksi dengan teman-temannya, sesama pengu­rus OSIS dan siswa lain. Interaksi sosial mereka akan berkembang, menumbuhkan kreatifitas serta melatih  memberikan sumbangsih pemi­kiran," tutur Iryana. Lebih lanjutkan ditambahkan Iryana, bahwa setiap manusia adalah pemimpin, khususnya bagi kaum pria adalah pemimpin bagi keluarganya. Pemimpin yang sudah terpilih, selanjutnya harus didukung oleh semua yang berkompeten. Jika ingin mengkritik seorang pemimpin, harus disampaikan dengan cara-cara yang santun dan memberikan solusi. 
"Dalam proses berdemokrasi menang kalah adalah hal yang biasa. Selanjutnya pasca proses pemilihan harus kembali bersatu untuk membangun dan memajukan. Pemimpin yang terpilih harus didukung dan diberikan masukan yang positif atau kritikan yang membangun," pungkas Iryana menutup sambutannya. Untuk diketahui selain jabatan ketua dan wakil ketua yang langsung dinahkodai paslon terpilih. Jabatan lainnya yakni, sekretaris, bendahara,  juga jabatan bidang-bidang lainnya akan diisi paslon yang kalah guna melengkapi jabatan kepengurusan OSIS. Sementara Pemilu OSIS yang demokratis sebagai wujud nyata, dari pembelajaran politik dan berdemokrasi buat peserta didik. (Rd)
 

×
Berita Terbaru Update