Notification

×

Iklan

Iklan

Tim GLS Lampung Utara Beri Pendampingan SMAN 1 Abung Semuli, Persiapan Hadapi Lomba Tingkat Provinsi Lampung

Rabu, 09 Agustus 2023 | Agustus 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-09T10:13:38Z
Lampung Utara, Nuranii Rakyat.Com-Tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kabupaten Lampung Utara mengunjungi SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara Provinsi Lampung, Rabu 9 Agustus 2023. Kegiatan kunjungan yang dilakukan Tim GLS itu bertujuan untuk memberikan panduan dan arahan dalam memajukan gerakan literasi di kalangan sekolah dan siswa.
Sebagai upaya meningkatkan kesadaran literasi di kalangan pelajar. Sekaligus sebagai langkah persiapan dan pemantapan SMAN 1 Abung Semuli juga akan menjadi perwakilan dalam Lomba GLS di tingkat Provinsi. 
Dalam sambutannya pada acara pertemuan itu Iryana Febriza Wardhani, M.Pd. Kepala Sekolah SMAN 1 Abung Semuli mengatakan, pentingnya menyatukan persepsi, bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pihak yang berkompetensj untuk meraih kesuksesan dalam dunia literasi. “Maju dengan sendiri adalah hal yang susah, namun bila dilakukan bersama-sama, maka akan menjadi lebih mudah,” tutur Iryana. Lebih lanjut menurut Iryana kembali, langkah persiapan, pematangan dan pemantapan merupakan sebuah strategi yang dibutuhkan untuk menghadapi lomba GLS tingkat Provinsi Lampung.
Sementara itu Ketua GLS Kabupaten Lampung Utara Al-Qodri, dalam arahannya mengatakan tujuan dari kunjungan tim GLS ke SMAN 1 Abung Semuli, sebagai bentuk tanggung jawab terhadap sekolah yang mewakili Lampung Utara. Lebih lanjut dijelaskan Al-Qodri, bahwa SMAN 1 Abung Semuli akan menjadi duta perwakilan Kabupaten Lampung Utara dalam Lomba GLS di tingkat Provinsi Lampung. Kegiatan ini sebagai bentuk pendampingan dan pembinaan menuju prestasi gemilang. Pendampingan dan pembinaan ini juga ingat Al Qodri, tidak hanya memberikan wawasan dan motivasi. Tetapi juga akan memberikan kontribusi pemikiran berharga untuk selanjutnya diimplementasikan dalam pengambilan langkah keputusan. Menentukan strategi dari mulai persiapan, pematangan dan pemantapan.
Masih pada bagian yang sama menurut Elisa, salah seorang dari Tim GLS Lampung Utara menambahkan, bahwa persiapan lomba melibatkan komponen-komponen pokok dalam GLS, mencakup lingkungan sekolah yang literat, lingkungan sosial dan afektif, serta lingkungan literat. Selain itu juga upaya pembiasaan literasi sejak dini, juga dianggap sangat penting untuk menciptakan individu yang memiliki kemampuan literasi yang kuat. Ada tiga komponen implementasi strategi yang nantinya untuk dipersiapkan antaralain; perencanaan integral dan sistem pengendalian, kepemimpinan, motivasi dan sistem komunikasi, Manajemen SDM dan kultur organisasi.
Selanjutnya acara kegiatan pertemuan itu berjalan lancar dan sukses. Kedua belah pihak menaruh harapan tinggi, bahwa SMAN 1 Abung Semuli akan mampu menghadapi tantangan dan berhasil meraih  prestasi dalam Lomba GLS tingkat Provinsi  Lampung. Pada momentum yang sama dari Tim GLS juga membekali pengetahuan kepada para siswa  yang berharga, untuk terus mengembangkan keterampilan literasi dan mengaplikasikannya. dalam berbagai aspek kehidupan. Untuk diketahui bahwasanya sekolah ini tidak hanya menjadi wakil dari Lampung Utara, tetapi juga menjadi pelopor dalam gerakan literasi yang lebih luas di masyarakat. (Rd)
×
Berita Terbaru Update