Notification

×

Iklan

Iklan

Pilkakam Serentak Di Lampung Tengah, Berjalan Sukses, Lancar Kondusif

Rabu, 24 Agustus 2022 | Agustus 24, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-24T14:59:55Z
Lampung Tengah, NR-
Gubernur Lampung Ir. H Arinal Djunaidi bersama Kapolda Lampung Irjen. Pol. DR. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si, M.M., meninjau langsung pelaksanaan Pilkakam serentak di Kab. Lampung Tengah (Lamteng), Rabu (24/8/22). Adapun pelaksanaan Pilkakam serentak di Lampung Tengah berjalan sukses, aman dan kondusif.
Dalam kunjungan Gubernur tersebut, Bupati H. Musa Ahmad, S.Sos., bersama Kapolres Lampung Tengah AKBP. Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si., menyambut dan mendampingi kunjungan tersebut. Turut hadir jajaran Forkopimda Kab. Lampung Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Kampung Wates Kec. Bumi Ratu Nuban Kab. Lamteng.
Dalam sambutannya Bupati Lamteng Hi. Musa Ahmad, S.Sos., mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Lampung, Kapolda Lampung beserta Jajarannya di Kp. Wates. Dalam acara telekonfrensi pengawasan dan pemantauan Pilkakam serentak Kab. Lampung Tengah tahun 2022 secara Virtual. Bupati menjelaskan, Pilkakam serentak dilaksanakan oleh 82 kampung yang tersebar di 27 Kecamatan. Dengan rincian, sebanyak 77 kampung dilaksanakan secara manual, dan 5 kampung menggunakan e-Voting.
Dijelaskan Bupati kembali, 5 kampung yang melaksanakan Pilkakam secara e-Voting yakni, Kampung Wates Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kampung Kalisari Kecamatan Kalirejo. Kampung Gunung Agung Kecamatan Anak Tuha, Kampung Pujo Basuki Kecamatan Trimurjo, serta Kampung Restu Buana Kecamatan Rumbia. “Jumlah calon kepala kampung (Cakakam), sebanyak 275 orang terdiri dari, 248 Cakakam laki-laki, dan 27 Cakakam perempuan. Semuanya berjalan lancar, aman dan kondusif,” tuturnya.
Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan, persiapan Pilkakam harus berpedoman pada protokol kesehatan (Prokes). “Pelaksanaan Pilkakam atau Pilkades, harus memperhatikan kondisi wilayah sesuai rekomendasi ,”ingat Gubernur. Gubernur juga mengingatkan, agar memperkuat koordinasi antara Forkopimda, dan Forkopimcam. Untuk mempersiapkan seluruh tahapan Pilkakam dengan penerapan Prokes. Adapun penangung jawab taktis pengamanan berada diwilayah Kapolres masing - masing. Yang melaksanakan Pilkakam dan Inventarisir terkait pola pengamanannya.
Menurutnya, peran TNI dalam Pam Pilkades, adalah tugas bantuan kepada Pemda dan Polri dalam konteks Kamtibmas dan bantuan distribusi logistik Pilkades bila diperlukan,” ungkapnya. Untuk diketahui, pelaksanaan Pilkakam serentak 5 kampung yang menggunakan e-Voting dipantau secara langsung oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri melalui virtual zoom meeting.
Pemantauan Pilkakam serentak itu juga dilakukan oleh Camat di lima Kecamatan yang secara langsung melaporkan kegiatan di TPS masing-masing kampung. Akhirnya, seluruh kegiatan berjalan aman dan kondusif dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes). (*)
×
Berita Terbaru Update