Notification

×

Iklan

Iklan

Kebutuhan Hewan Kurban Provinsi Lampung Aman

Minggu, 26 Juni 2022 | Juni 26, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-26T10:21:45Z


Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan
Ir. Lili Marwati, M.Si

Bandar Lampung, NR- Ketersediaan hewan kurban di Provinsi Lampung untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha saat ini aman karena lebih dari cukup atau surplus. Demikian dikatakan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Lili Marwati, Minggu (26/6/2022). Menurut Kadis, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Peternakan dan Kesebelasan Hewan memastikan jika ketersediaan hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha di wilayah Lampung aman.

Data terakhir yang dihimpun pada 15 Juni 2022, ketersediaan ternak sapi di Lampung sebanyak 25.497 ekor.

Sementara untuk kebutuhan sebanyak 16.544 ekor. Sedangkan ketersediaan kerbau 860 ekor dan kebutuhan 157 ekor. Ketersediaan kambing 68.760 ekor dan kebutuhan 56.486 ekor. Ketersediaan domba 4.773 ekor dan kebutuhan 817 ekor.

Mengingat lantaran saat ini, tengah merebak Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Maka hewan ternak yang akan diperjual-belikan atau akan disembelih wajib mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Hewan kurban baik yang dijual imbuhnya, di lapak maupun yang dijual langsung oleh masyarakat adalah hewan yang sudah dilengkapi dengan SKKH. Jadi sudah dijamin bahwa hewan tersebut sudah sehat. Saat ini, pihaknya bersama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten/kota akan melakukan pengawasan di sentra-sentra peternakan. Lapak penjualan ternak hingga lokasi pemotongan hewan kurban. Pada kesempatan sama, kadis menghimbau untuk masyarakat yang akan membeli hewan kurban, maka benar-benar memperhatikan syarat kesehatan hewan dan ada SKKH.

Sementara itu untuk diketahui, hingga saat ini hewan ternak yang terkonfirmasi PMK telah menyebar ke lima daerah, yaitu Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Timur, Mesuji dan Metro.

Semua daerah yang terkonfirmasi PMK ada empat namun sekarang bertambah Metro. Jadi totalnya ada lima daerah. Untuk di Metro ini ada di Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Metro Selatan dan ada 18 ekor yang terkonfirmasi. Sampai saat ini jelasnya, ada 430 ekor ternak di Lampung yang suspek PMK. Dimana 430 ekor tersebut teridiri dari 377 ekor sapi dan 53 ekor kambing. Yang terkonfirmasi positif PMK 43 ekor terdiri dari 36 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Kemudian mati 4 ekor, potong paksa 16 ekor dan sembuh 275 ekor dan yang sakit 135 ekor saat ini dalam proses penyembuhan," terangnya. (Yan)


×
Berita Terbaru Update