Notification

×

Iklan

Iklan

SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara Lakukan Penandatanganan Komitmen Bersama, Mendukung Program Sekolah Sehat

Minggu, 08 Oktober 2023 | Oktober 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-10T02:35:23Z
Lampung Utara, Nurani Rakyat.Com- SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara melaksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama Mendukung Program Sekolah Sehat "Bersama Sekolah Sehat, Membangun Generasi Hebat" tahun pelajaran 2023/2024. Penandatanganan komitmen bersama program sekolah sehat dilakukan guru, tenaga pendidik dan peserta didik di sekolah tersebut. Sedangkan tujuan program sekolah sehat yang dilaksanakan merupakan salah satu bentuk implementasi terhadap program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas berkarakter. Kegiatan acara penandatanganan dihadiri langsung Kepala Sekolah, dewan guru, staff TU dan peserta didik disekolah itu.
Kepala Sekolah SMAN 1 Abung Semuli Iryana Febriza Wardhani, M.Pd. mengatakan, bahwa sekolah sehat yang dimaksud adalah sekolah yang mengikutsertakan para guru, tenaga pendidikan, peserta didik, untuk berkomitmen bersama mewujudkan sekolah sehat dan bersih. Hal ini dapat dapat dicapai melalui penyediaan sarana dan prasarana, manajemen yang baik. Penyebarluasan pengetahuan, penciptaan kondisi ideal dengan melibatkan partisipasi semua pihak seperti, Warga Sekolah, Komite Sekolah, Puskesmas, dan Masyarakat.
Dijelaskan Iryana kembali dalam rangka peningkatan status kesehatan sekolah dan kesehatan peserta didik. Maka sekolah perlu mencanangkan aksi sekolah sehat, dengan penandatangan komitmen bersama program sekolah sehat. Dikatakan Iryana kembali bahwa program sekolah sehat merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Adapun Tujuan program Sekolah Sehat adalah untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas berkarakter.
Program ini dicanangkan dalam rangka memperkuat perhatian satuan pendidikan terhadap kondisi kesehatan anak dan kebersihan lingkungan sekolah. Program ini diluncurkan sambung Iryana bertepatan dengan dimulainya kembali pembelajaran tatap muka. Sehingga, anak-anak bisa belajar dengan optimal dengan dukungan badan yang sehat. Lingkungan belajar dan sekolah yang sehat, bersih dan nyaman. Target sasaran dari sekolah sehat untuk tahap awal antara lain; kesehatan guru, tenaga pendidikan dan peserta didik. Juga kebersihan semua lingkungan dan tempat kegiatan pembelajaran peserta didik. Karena sekolah sehat dapat diraih jika seluruh pihak berkolaborasi. Jadi harapan kami semua pihak berkontribusi, berkolaborasi dan berkomitmen mendukung program sekolah sehat.
“Sekolah sehat, peserta didik sehat, guru sehat, belajar jadi semakin berkualitas, Indonesia semakin maju,” ujar Iryana dengan penuh semangat.
Selanjutnya lingkungan sekolah juga harus sehat sambung Iryana, karena kondisi sekolah dapat mendukung tumbuh kembangnya peserta didik secara optimal. Serta membentuk perilaku hidup bersih dan sehat sehingga terhindar dari pengaruh negatif. Sehingga membuat para siswa dan para pendidik menjadi bugar, sehingga proses belajar mengajar menjadi maksimal. Sehingga kemudian berdampak pada peningkatan semangat dan hasil belajar siswa. Beberapa contoh untuk untuk menjaga agar lingkungan sekolah sehat ucap Iryana antaralain; Melaksanakan piket di ruang kelas. Membuang sampah pada tempatnya, melakukan kerja bakti, Menggunakan keset sebelum memasuki kelas. Menyiram toilet setelah menggunakannya.
"Jika sekolah sehat telah terwujud, maka akan tercipta generasi hebat," tegas Iryana.(Rd)
×
Berita Terbaru Update