Notification

×

Iklan

Iklan

Momentum Kedatangan Tim Penilai GLS Kabupaten Lampung Utara Ke SMANSA Abung Semuli 2023

Senin, 22 Mei 2023 | Mei 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-23T02:11:42Z
Lampung Utara, Nurani Rakyat.Com-
Tim penilai Gerakan Literasi Sekolah (GLS) berkunjung ke SMAN 1 Abung Semuli, Senin 22/3/2023 dengan maksud tujuan melakukan visitasi atau penilaian terhadap objek materi dan instrumen GLS.
Kunjungan dan penilaian yang dilakukan Tim GLS menjadi Momentum bagi SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara, untuk terus semakin meningkatkan prestasi sekolahnya.
Sebagai informasi untuk lebih dekat mengenal Gerakan Literasi Nasional merupakan sebuah usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21 melalui keterlibatan dan partisipasi seluruh warga negara Indonesia. Gerakan Literasi Nasional mengembangkan enam jenis literasi yang dibutuhkan untuk hidup pada abad ke-21. Keenam jenis literasi itu adalah literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi kewargaan. Sebagai sebuah gerakan, keenam jenis literasi ini dikembangkan melalui tiga ranah, yaitu keluarga (Gerakan Literasi Keluarga), sekolah (Gerakan Literasi Sekolah), dan masyarakat (Gerakan Literasi Masyarakat).
Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai sebuah program bersama perlu dinilai dan dievaluasi sehingga bisa menjadi bahan evaluasi demi perbaikan dan apresiasi bagi penguatan dan dukungan atas keberhasilan tiap-tiap pihak dalam mendukung GLN. Tentunya Publik perlu mengetahui mekanisme, pendekatan, prinsip, metode, kriteria, dan indikator untuk menilai keberhasilan GLN di setiap ranah. Untuk itu, diperlukan pedoman penilaian dan evaluasi GLN. Pedoman penilaian dan evaluasi Ini bisa menjadi alat bagi setiap pelaku literasi untuk menilai keberhasilan program dan kegiatan literasi di tiap-tiap bidang.
Berdasarkan sejarahnya, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah digulirkan mulai Maret 2016 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud dengan melakukan sosialisasi dan koordinasi ke Dinas Pendidikan Provinsi dan/atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten. Sedangkan Eksistensi GLS dikembangkan berdasarkan sembilan agenda prioritas (Nawacita) yang terkait dengan tugas dan fungsi Kemendikbud, Butir Nawacita yang dimaksudkan adalah: meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia; meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya; melakukan revolusi karakter bangsa; dan memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia. Empat butir Nawacita tersebut terkait erat dengan komponen literasi sebagai modal pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif dan berdaya saing, berkarakter, serta nasionalis. Untuk dapat mengembangkan Nawacita, diperlukan pengembangan strategi pelaksanaan literasi di sekolah yang berdampak menyeluruh dan sistemik. Oleh karena itu dibentuklah Satgas literasi sekolah untuk menggerakkan program GLS. (Rd)
SERBA SERBI- Objek Kegiatan Instrumen Penilaian Tim Gerakan Literasi Sekolah Di SMAN 1 Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara TP 2023-2024.
(Foto: NR)











×
Berita Terbaru Update