Notification

×

Iklan

Iklan

Profil Perjalanan Prof. DR. Ade Sofyan Mulazid, S.Ag., M.H Putra Lampung, Menjadi Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Senin, 26 Juni 2023 | Juni 26, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-28T02:03:43Z
"Dalam setiap keindahan, ada mata yang memandang. Disetiap kebenaran, ada telinga yang mendengar. Disetiap kasih, selalu ada hati yang menerima".   
Demikian filosofi dan prinsip hidup yang dituturkan Prof. DR. Ade Sofyan Mulazid, S.Ag., M.H Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Putra Asal Lampung, usai mengikuti acara pelantikan dan penetapan sebagai Guru Besar UIN Jakarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis, beberapa hari yang lalu, Jumat (23/6/2023). Pelantikan Guru Besar itu sendiri dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) guna meningkatkan Profesionalisme, dan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kampus.
Profil/Biografi
Prof. DR. Ade Sofyan Mulazid, S.Ag., M.H atau biasa disapa Ade ini Lahir di Karawang 1 Januari 1975 dari pasangan Bapak H. Zainuddin seorang wiraswasta dan Ibunda Hafsah seorang Ibu rumah tangga. Ade kecil mengawali pendidikan dasarnya di SD 01 Gedong Tataan Lampung Selatan (1988). Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (Tsanawiyah) pada MTs Nurul Iman Gedong Tataan Lampung Selatan (1991). Sekolah lanjutan tingkat atas (Aliyah) berbeasiswa pada Mapk Bandar Lampung (1994). Ade melanjutkan study sarjananya pada Program Studi Muamalah Fakultas Syariah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setelah diwisuda 1999, Ade menikahi pujaan hatinya Fatmawati, alumnus Fakultas Dakwah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang kini juga menjadi Dosen tetap PNS di Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sembari menafkahi keluarganya Ade juga terus mengasah keilmuannya dengan melanjutkan studi Magister Hukum Ekonomi di Sekolah Pascasarjana UMJ (2002). Lulus S2 pada tahun 2002 Ade diterima bekerja sebagai dosen tidak tetap pada almamater S1-nya Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta. Dua tahun kemudian Ade melanjutkan studi doktornya pada Program Pengkajian Islam di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setelah tiga kali mengikuti seleksi CPNS tahun 2005 Ade hijrah ke Bandung untuk memulai pekerjaan barunya Dosen Tetap PNS di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Impian bersama istrinya tercinta DR. Fatmawati, MA untuk memiliki buah hati akhirnya terwujud setelah 10 tahun menanti. Putra Pertamanya, Mario Rinawa Sofyan lahir pada tahun 2008. 15 tahun kemudian lahir putra keduanya, Panrita Arrasya Sofyan lahir pada tahun 2022. Pada tahun 2011 melalui kenalannya, Ade dipertemukan dengan pengusaha Muslim tingkat Nasional Prof. DR. Sukamdani Sahid Gitosarjono dan diminta olehnya untuk membantu proses pendirian sekaligus menjadi Wakil Ketua STAIT Modern Sahid Bogor yang kini telah beralih status menjadi Institut Agama Islam Sahid Bogor (2012-2015). Lulus dari S3, tahun 2012 Prof. DR. Abdul Hamid yang saat ini menjadi Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setelah dua tahun setelah mutasi, pada tahun 2014 beliau diberi amanat menjadi Ketua Program Magister Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga tahun 2015 dan didapuk Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2015 hingga tahun 2019 Beserta DR. M. Arief Mufraini, Dekan FEB.
Saat itu Ade yang menjadi Wakil Dekan juga ikut serta mengembangkan kerjasama dengan 9 universitas di Eropa untuk pengembangan kapasitas Teaching and Reseach Base Faculty melalui hibah Project Indonesian Higher Education with Tested European Pedagogical Practices (INDOPED) dan Project Optimizing Research dan Doktoral Program in Banking and Finance (OPTBANK) dari Erasmus Plus European Union. Dari publikasi itu telah menghasilkan publikasi Jurnal Internasional Bereputasi. Antara lain: Board of Directors and CSR Disclosure in Indonesian Banking industry: Does Education Matter? yang diterbitkan di Internation Journal of Trade and Global Markets (Scopus Q2) pada tahun 2917, Islamic Work Ethics and Organizational Justice Implementation in Reaching Accountants' Job Satisfaction yang diterbitkan di Academy of Accounting and Financial Studies Journal (Scopus Q4) pada tahun 2018, Phenomenon and Determinant of Under Princing, Flipping Activity and Long Term Performance An Emperical Investigation of Sharia IPO in Indonesia International Joernal of Monetary Economics and Finance (Scopus Q3) pada tahun 2018. Memadupadankan ajaran agama dan sains bidang ekonomi menjadi ciri khas dalam sejumlah karya ilmiah baik dalam buku bukunya maupun jurnal internasional bereputasi yang telah ditulis olehnya. Sejumlah bukunya antara lain Kedudukan Sistem Pegadaian Syariah dan Analisis Masalah Kemiskinan dan Kebijakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) DPP Pusat (2017-2020). Berbekal ilmu agama dan sains yang didapatnya dari pendidikan dan pelatihan Sertifikasi Assesor Bidang Pengatur Wisata Lokal LSP Pramindo dari BNSP (2017). Sertifikasi Tour Leader Haji dan Umroh LSP Pramindo dari BNSP (2017), Ade bersama istrinya DR. Fatmawati, MA mencoba membangun laboratorium bisnis dari nol. Dari pengalamannya mengelola bisnis sejak sembilan tahun lalu. Ade kemudian menemukan pola bisnis Halal Tourism bernama Asofa Tours untuk mendukung pemerintah dalam mengembangkan bisnis parawisata yang modern dan islami. (Rd)
×
Berita Terbaru Update