Notification

×

Iklan

Iklan

SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara Ikuti Lomba Gerakan Literasi Sekolah

Kamis, 18 Mei 2023 | Mei 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-19T02:47:04Z
Lampung Utara  Nurani Rakyat.Com- SMAN 1 Abung Semuli  Lampung Utara Provinsi Lampung mengikuti Lomba Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dimulai dari penilaian lomba kelas yang dilaksanakan pada Hari Jumat 19-5-2023. Sedangkan jadwal Visitas juri dari Satgas GLS ke Sekolah SMANSA Abung Semuli pada Hari Senin 22 Mei 2023. Dalam menghadapi lomba GLS yang dilaksanakan, SMAN 1 Abung Semuli telah melakukan berbagai persiapan dengan membentuk Tim GLS yang berisikan Tim dari Dewan Guru dan para siswa yang mengikuti lomba tersebut. Selanjutnya telah melakukan berbagai sosialisasi baik secara teknis dan non teknis.
Sementara itu menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Abung Semuli Iryana Febriza Wardhani, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan Lomba GLS adalah untuk meningkatkan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. Dijelaskan Iryana kembali bahwa GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh, untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran agar pihak sekolah dan anak didik memahami, mengaplikasikannya dalam kegiatan di sekolah melalui pelibatan publik. Dituturkan Iryana kembali GLS juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.
"Saya berharap dalam Lomba GLS ini, SMAN 1 Abung Semuli dapat meraih juara. Sehingga dapat menjadi motivasi bagi pihak sekolah siswa untuk mengikuti berbagai kompetisi lomba lainnya. Juga mengingat SMAN 1 Abung Semuli memiliki tradisi mental juara disetiap even lomba yang diadakan baik tingkat kabupaten ataupun provinsi," ucap Iryana penuh semangat.
Sementara itu untuk diketahui bahwa Gerakan Literasi Sekolah (GLS) digulirkan sudah sejak Bulan Maret 2016. Sedangkan Implementasi GLS adalah dengan membaca buku di luar mata pelajaran selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca siswa, serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Implementasi lainnya dengan
membuat pohon literasi di setiap Mading kelas. Kegiatan menghafal kosa kata baru, dan menuliskannya dalam bentuk kalimat. Mengadakan perlombaan karya literasi setiap satu semester. Membuat perpustakaan mini atau pojok Literasi di dalam kelas beserta "Spot membaca 
yang Cozy atau nyaman". 
Mengenal 6 literasi dasar GLS yang harus diketahui  dan dimiliki yaitu; Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi  Digital, Literasi Finansial, Literasi Budaya dan Kewargaan. (Rd)



×
Berita Terbaru Update