Notification

×

Iklan

Iklan

MUI: Waspada Bahaya PMK

Senin, 16 Mei 2022 | Mei 16, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-17T01:31:55Z

Prof. Mukri Ketua Umum MUI Lampung, mengingatkan agar umat muslim Lampung untuk lebih teliti dalam memilih hewan kurban pada perayaan Idul Adha mendatang.

"Umat muslim harus lebih waspada dan teliti untuk memilih dan membeli hewan kurban pada momentum hari raya Idul Adha," ingatnya kepada media NR beberapa waktu yang lalu (5/22).

Mengingat wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) telah ditemukan di Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Ditambahkanya, syarat hewan ternak seperti jenis hewan seperti sapi dan kambing. Kemudian cukup umur, dan sehat, sehingga sebaiknya umat muslim bisa memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat.

Karena tujuan berkurban itu untuk ibadah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Jika tidak teliti memilih, justru malah bisa membahayakan penerimaan daging, juga pastikan kesehatan hewan kurban," kata Prof Mukri kepada Kantor Berita RMOLLampung, Senin (16/5).

Lanjutnya, berkurban bagi umat muslim tidak wajib, hanya bagi yang mampu. Seseorang dianggap mampu untuk berkurban ketika dirinya telah menyelesaikan kewajiban nafkah terhadap keluarganya.

"Hati-hati dalam memilih hewan kurban, pastikan jika hewan kurban itu sehat, bersyukur bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memastikan kesehatannya," ujarnya. (*)

×
Berita Terbaru Update