Notification

×

Iklan

Iklan

Buktikan Komitmen, PPDB SMA Negeri 2 Kalianda Aman dan Tanpa Hambatan

Rabu, 26 Juni 2024 | Juni 26, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-26T11:20:08Z

SMA Negeri 1 Abung Semuli Lampung Utara membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Rabu (19/6/2024). Dalam pelaksanaan PPDB  berkomitmen akan memberikan pelayanan terbaik, bagi calon siswa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Komitmen itu dibuktikan dengan perjalanan selama dibukanya PPDB berjalan kondusif tanpa hambatan.

Perlu diketahui bahwa PPDB di SMA Negeri 1 Abung Semuli  telah dimulai dari tanggal 19 hingga 24 Juni 2024, diawali dengan melakukan verifikasi faktual dilakukan pada selasa dan rabu (18-19/5/2024). Pihak sekolah langsung turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi faktual, dengan mendatangi langsung rumah-rumah calon peserta didik. Langkah dilakukan untuk memastikan keabsahan data dan dokumen yang telah diserahkan.

Sedangkan di tanggal 20 hingga 24 Juni, telah dilakukan pembukaan 8 jalur PPDB antaralain, yaitu

1. Jalur zonasi

2. Jalur PTOT

3. Jalur hasil prestasi belajar

4. Jalur prestasi olahraga

5. Jalur hafiz quran

6. Jalur prestasi sains,riset dan inovasi teknologi

7. Jalur seni , budaya, dan kepramukaan

8. Jalur afirmasi

Untuk Jalur zonasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berada di sekitar wilayah sekolah, jalur prestasi bagi yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik, dan jalur perpindahan orang tua bagi calon siswa yang orang tuanya pindah tugas. Selanjutnya 

  

alon peserta didik dapat mendaftar kembali setelah memperbaiki berkas yang diperlukan. Selanjutnya di jalur prestasi, baik hasil belajar maupun non-akademik, calon peserta didik harus datang langsung ke sekolah dengan membawa berkas asli untuk diverifikasi faktual.

Calon peserta didik dengan prestasi akademik harus membawa rapor dan keterangan peringkat, sementara yang memiliki prestasi non-akademik harus membawa piagam. Selain itu, calon peserta didik juga harus mempraktekan kemampuan yang dimiliki.

Kemudian untuk jalur zonasi, pihak sekolah berkolaborasi langsung dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk mengecek keabsahan Kartu Keluarga (KK). Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa data zonasi yang diberikan oleh calon peserta didik valid dan akurat.

Pelaksanaan PPDB juga didukung oleh pengawasan ketat dari pihak sekolah dan panitia. Tim pengamanan internal dan kerjasama dengan aparat kepolisian setempat memastikan bahwa proses berjalan tanpa hambatan.

Kepala SMA Negeri 2 Kalianda, Herwansyah, S.Pd memberikan apresiasi tinggi terhadap pelaksanaan PPDB di SMA Negeri 2 Kalianda. Herwan menilai seluruh tim berhasil menciptakan sistem kerja yang efektif dan efisien, sehingga proses PPDB berjalan sesuai dengan rencana.

"Inovasi verifikasi faktual yang dilakukan dengan mendatangi rumah calon siswa adalah langkah luar biasa yang menunjukkan komitmen terhadap transparansi dan keadilan," ujarnya kepada radarlamsel.com, Rabu, 26 Juni 2024.

Herwan mengakui banyak orang tua, dan calon siswa yang memberikan respons positif terhadap pelaksanaan PPDB di SMA Negeri 2 Kalianda. Suhardi, salah satu orang tua calon siswa, mengungkapkan kalau dia merasa puas dengan langkah-langkah yang dilakukan oleh SMA Negeri 2 Kalianda.

"Tentunya semua itu membuat kami merasa nyaman dan aman. Langkah verifikasi faktual yang dilakukan sekolah juga membuat kami merasa lebih percaya dan dihargai," katanya.


×
Berita Terbaru Update